Tuesday, August 21, 2007

Ibu itu harus pintar (2)

Nyambungin curhatan kemaren, "pintar" yang ternyata paling susah menurut versi saya adalah pintar marah.Maksudnya marah yang pintar, keinginan kita menegur si anak tepat dan si anakpun mengerti apa yang kita maksud. Sekarang ini mas Naufal kan lagi heboh-hebohnya bikin ibu pusing tujuh keliling, dan kalo ibu juga lagi bete en capek tentu urusan marah yang pintar ini akan jadi sangat sulit. Sementara si anak lagi "nakal-nakal"nya yang sebetulnya dalam bahasa psikologi adalah ber"eksplorasi", tapi kalo si ibu tidak pintar memilah tindakan yang tepat tentu ujung-ujungnya malah makin berabe. Ada saran mungkin moms ??

Saran yang sebetulnya memang paten dan manjur adalah 2 kata sakti, IKHLAS en SABAR. Tapi mewujudkannya buat saya yang masih jauh dari 2 sifat itu tentu butuh perjuangan yang luar biasa.

Di usia Naufal sekarang, 3 tahun 3 bulan, memang masa-masa emas dalam segala hal.Rasa ingin tahunya yang tinggi juga baik, komunikasinya juga makin baik, keberaniannya muncul di depan umum juga cukup baik, meski polah "nakal"nya juga kadang bertambah.hehe.... Makanya masa-masa emas beneran khan...ga bisa disepelekan !! Rugi sekali kalo kita menyepelekan rasa ingin taunya hanya dengan alasan "capek" atau "gak tau". Nah, ternyata meski gelas sarjana alhamdulillah sudah berhasil saya kantongi, tidak jarang saya tidak bisa menjawab pertanyaan anak berusia 3 tahun yang kadang masih harus ber-diapers ini. Ya, pertanyaan-pertanyaan aneh yang sebetulnya sangat masuk akal untuk anak seusianya, tidak sulit sih...hanya menjawabnya ternyata butuh cara-cara khusus. Belum lagi kalo jawaban saya jauh dari memuaskan menurut ukurannya, wah.....bisa ngamuk deh Naufal !!

Jadi, belajar dari pengalaman sebagai orang tua selama hampir 4 taon membuka wawasan saya bahwa sebagai orang tua kita harus pintar. Terutama ibu, kenapa? so simple, karena dengan ibulah waktu sang anak banyak dihabiskan. Sebagai ibu, kita harus terus belajar supaya pintar, jangan hanya menyuruh sang anak pintar. tapiii..... jangan merasa cepat pintar ya !! *saran terutama untuk ibu aci sendiri............*

3 Comments:

  • iyaa bu.....bener banget tuh setujuu....jadi ngerasa masih jauh dari kata pintar deh aku sbg bunda..

    hmm..bismillah....smg kita smua diberikan klancaran dalm mendidik dan mngasuh anak2 yaa bu!;)

    By Blogger bundAzkaFaqih, at 1:21 PM  

  • halo ibu aci, salam kenal yah, ternyata ibu2 blogger yg anak pertamanya Naufal banyak juga yah, termasuk sayah...ngomong2 tinggal dimana? kayanya harvest preschool itu yg di cempaka putih ya?..sy tinggal juga dekat situ

    By Blogger mochie, at 9:14 AM  

  • boleh tukeran linknya..trims

    By Blogger mochie, at 9:14 AM  

Post a Comment

<< Home


Lilypie 5th Birthday Ticker Lilypie 2nd Birthday Ticker