Thursday, July 10, 2008

Cerita borongan (2)

Nyambung cerita borongan yang duluuu itu, hehe...maklumlah banyak absennya nih ngeblognya, mumpung ceritanya masih nyantol di kepala. Mau cerita kegiatan liburan naufal, gak kemana-mana, apalagi keluar kota.Paling menthok ya....mampir Depok.hehe....
Mau keluar kota?ayah sibuk, adek fauzan masih kecil kasian dapet capek doang.Mau ke Yogya? Lebaran udah niat mudik jadi ya udah nanti aja sekalian.Maunya sih Naufal aja yang ke Yogya, tapi syarat dari mas Naufal, harus bin wajib sama IBU !! Lha...terus ayah gimana mas?
Jadi tema liburan kali ini adalah Liburan PaHe...*Paket Hemat* !!!
Meski cuma PaHe tapi cukup bewarna dengan datengnya eyang kakung-eyang putri yang justru ber "liburan" ke Jakarta.Asiiikkkk......

Gak semua liburan kudu menguras isi dompet khan?meski sederhana, kadang-kadang ternyata gak kalah seru lho.Tapi, ibu yang suka bingung...mau ngapain lagi ya??Belum lagi, kalo rumah mulai berantakan, kertas, spidol,pensil,mainan ada dimana2...duh...puyeng juga liatnya. Pengennya, bisa berkreasi ama anak, melakukan aktivitas seru tapi rumah tetep kinclong bisa gak ya kira2 ?? OK, yang ini beberapa kegiatan Liburan PaHe-nya Naufal :

Ondel-ondel musik

Gak sengaja dapet idenya,pas Naufal en mas Arva *sepupu Naufal* yang sedang maen di rumah mulai bete en saling berebut mainan. Ibu coba kasih kegiatan laen aja yang agak berbeda. Bongkar isi lemari di dapur, ada kemasan bekas apa aja yang sama bentuk dan warnanya, biar gak rebutaaaaan melulu. Tadinya mau dinamain Robot musik, tapi begitu jadi, Naufal langsung komentar : "Ini ondel-ondel ibu, bukan robot!!"

Bahan : botol plastik, biji-bijian, kerikil, isolasi, kertas warna-warni, lem

Cara: isi botol plastik dengan biji-bijian, kalo ada banyak bisa dicoba semua, karena tiap jenis biji-bijian efek suaranya berbeda. Hias botol dengan kertas warna, biarkan anak berkreasi soal warna. Buat rumbai untuk bajunya, bantu anak menggunting rumbai-rumbainya. Beri mata hidung en rambut.jadi deh seperti ini....




agak serem ya penampakannya....hihi....tapi begitu digerakkan, seru lho....
Tadinya mas Arva gak tertarik, so Naufal jadi ikutan bete, "Koq, mas Arva gak mau bikin Bu?"
"Udah, kita bikin duluan nanti mas Arva pasti kepingin", bujuk ibu.
Eh, bener...begitu punya Naufal jadi, mas Arva dengan semangat meninggalkan mobil-mobilannya en bilang..."Aku juga mau !!!". Alhamdulillah...

Bis Profesi




Ha?apaan ini?
Maklumlah, ibu tuh gak kreatif banget, jadi suka asal kalo kasih nama....gak apa ya nak yang penting penuh cinta *cieee....*
Ide awal dari Craft for kids yang bikin bus trans jakarta pake kardus bekas, tapi berhubung si bis ditempelin gambar para penumpang yang kebetulan beraneka profesi jadi deh kita namain bis profesi.

Lumayan, bisa cerita soal profesi para penumpang, apa kerjanya, en dimana tempat kerjanya.


Ada pak tani, dokter, perawat, pilot, polisi en tukang pos, dan tentu saja supir bisnya.

Bahan : kardus bekas sepatu/sandal, kertas warna, roda bekas mainan, tusuk sate, lem, gambar orang dari majalah/koran bekas.

Cara: Bungkus kardus dengan kertas warna pilihan anak, lubangi bagian bawah untuk memasukkan tusuk sate yang menghubungkan roda. Karena rodanya bekas mainan, supaya gak mudah lepas, bagian dalamnya lapisi dengan kertas karton. Jadi, tetep bisa muter perlahan.
Tempelkan gambar para penumpang. Jadi deh....

Sensus Anak

Hehe...mentang-mentang dulu ibu pernah ikutan proses pengumpulan data, trus mau diwarisi nih ceritanya?Gaklah, cuma iseng aja. Tapi kegiatan ini, menurut ibu cukup asik untuk diulang, karena gampang en cukup berbobot untuk melatih anak menulis, komunikasi dan berpikir.

Caranya: berikan kertas dan alat tulis berwarna, minta anak untuk menanyakan semua anggota rumah dengan pertanyaan yang sama. Misal : nama lengkap, umur, warna favorit, hoby, kota tempat tinggal atau apaaaaa aja. Beri kesempatan anak, berpikir untuk pertanyaan yang laen. Supaya lebih membuat anak tertarik, bisa dibuatkan buku catatan seperti di film "Blue's Clues", dijamin anak gak nolak.

Untuk Naufal, karena dia belum bisa menulis perkata, jadi jangan heran kalo dia akan meminta kita untuk mengeja per-hurufnya. Termasuk eyang kakung-putri juga udah disensusnya. Kadang komennya itu lho.....lucu !! misalnya waktu tanya eyang putri soal umur :
"Eyang putri umurnya berapa?"
"Lima puluh delapan !!"
"Waduh, banyak banget...ck..ck...hebat!!"
Hahaha.......

Belanja

Nah, kalo ini...gak cuma anak yang seneng, ibu juga pasti demen. Untungnya di swalayan gede dekat rumah menyediakan trolley kecil khusus anak, jadi acara belanja dengan anak makin ciamikkk.


Kegiatannya :


Ajak anak belanja kebutuhannya, tapiii....sebelumnya minta anak menuliskan apa aja yang mau dia beli. Juga ajak anak menanyakan pada orang rumah, mungkin ada yang ingin menitip sesuatu. Alasannya, supaya anak ada rasa perduli pada orang lain, jadi sesekali dia juga harus belajar "membeli" untuk orang lain. Biarkan anak juga menimbang dan membayar. Tentu saja dengan pengawasan ibu.

Pohon Beras

Bahan : kertas karton bekas, beras murah atau nasi sisa yang sudah dikeringkan (nasi aking), pewarna makanan, lem uhu, spidol. bisa juga digunakan beras atau biji-bijian bewarna seperti kacang ijo,beras merah,jagung popcorn,beras ketan item.

Cara : buat biji-bijian yang diinginkan warnanya dengan ditetesi pewarna makanan, sesuaikan warna yang akan dipakai. biarkan biji kering terlebih dulu. kemudian, buat pola yang akan dihias dengan pensil di atas karton, biarkan anak menebalkan mengikuti pola yang ada dengan spidol. berikan lem uhu pada bagian yang akan dihias, biarkan anak menebarkan biji-bijian dan merapikan warnanya.

Yang sudah dibuat Naufal, bentuk pohon dengan awan dan burung. untuk burung cuma pake spidol hitam dan dahan kayu bisa pake beras merah, tapi yang di rumah adanya stok beras merah organik dek Fauzan jadi sayang.....hehe....


Labels:

4 Comments:

  • Siiip!!Dek Naufal hebat n lucuuuu...ide sensusnya lucu juga tuh tante, ntar dicontek ah. Bunda juga pusiiiing 7 keliling neh, susah banget konsen bikin kegiatan kreatif sementara setrikaan menggunung, cucian piring numpuk dan rumah kayak kapal pecah...hhhhh(*sigh)..sabar-sabar!!Plus Bunda sendiri juga gak kreatif...payah deh

    By Blogger Diny, at 11:52 PM  

  • wah, iya...sering banget bikin bunyi2an, tapi ga kepikir bikin yang model ondel2...

    By Anonymous Anonymous, at 9:49 AM  

  • dituungu kedatangannya ke jogjaa.. hehehe... :)

    By Blogger semuasayanganna, at 10:15 AM  

  • idenya lucu2......!
    Selamat bermain bersama cah bagus!

    salam.

    By Blogger Bagio n Susana, at 9:13 PM  

Post a Comment

<< Home


Lilypie 5th Birthday Ticker Lilypie 2nd Birthday Ticker