Friday, June 30, 2006

Naufal mau pipis nggak ?

Photobucket - Video and Image Hostingpertanyaan di atas sepertinya sekarang sedang jadi favorit untuk ayah dan ibu. karena sejak rabu kemaren, naufal hanya pake diaper kalo malam hari pas tidur, siangnya free from diapers......
sebenarnya sudah sejak usia 17 bulan, naufal sudah mulai toilet training. tapi bertahap prosesnya, karena banyak faktor yang membuat prosesnya jadi begitu lama. dan faktor utamanya adalah penyakit malezzzz yang kerap menghinggapi ibu.

13 september 2005, itu kali pertama naufal bisa BAB di toilet. training sekitar 1-1,5 bulan , naufal sudah bisa bilang ke ibu atau ayah kalo ada proses gak nyaman di perutnya yang mengharuskannya segera ke toilet. belum lama setelah itu, naufal mudik ke Jogja. dan selama mudik itu, kami sering berada di luar rumah, entah dalam perjalanan keluar kota atau sekedar mengelilingi kota jogja. dan otomatis ketika naufal bilang "yah...mpuk yah..." maka jawaban kami "ya udah, mpuk di pampers dulu ya mas...". begitu dan begitu terus berulang hingga, naufalpun gak bilang lagi kalo dia mau mpuk.

so, proses berulang kembali. alhamdulillah, sekarang naufal sudah bisa bilang kalo mau mpuk hanya kadang timbul masalah baru. ketika naufal hanya ingin sekedar bermain air, maka dia akan bilang mpuk, atau ketika sedang asyik bermain, maka naufal akan diam saja dan membiarkan dirinya mpuk di diaper.

beberapa kali mencoba melepas si diaper, tapi gagal terus. paling-paling mentok 3 hari, itupun hanya sampe waktu naufal mandi sore. dan setelah itu, ibu KO dengan telaknya dan niatpun luntur kembali. hingga rabu pagi kemaren, 28 juni 2006, ibu tiba-tiba langsung pengen memulai lagi program free from diapers yang tertunda. semoga saja, kali ini niat ibu nggak luntur lagi ya mas......biar mas naufal bisa bergerak dengan bebas tanpa harus ditemani si diaper lagi.

hari pertama, naufal seriiinnnggg banget ngompolnya meski sudah berkali-kali pula ibu ajak ke KM. mungkin naufal masih bingung, ibu apalagi mas....hehe. hingga pas malam menjelang tidur naufal mulai terlihat gelisah, karena berkali-kali harus ganti celana. bahkan sampai nggak mau diganti celananya yang kena ompol. akhirnya, diputuskan kalo mau tidur naufal tetap pake diaper. tadinya ibu mau gerak ekstrim aja, bener-bener gak pake tapi kayaknya kasian naufal jg kalo tidur harus bangun-bangun terus.

hari kedua, makin teratur. ngompolnya tidak sesering waktu hari pertama.
dan hari ini, hari ketiga, naufal sudah mau bilang pipis meski itu artinya celananya basah karena dia sudah pipis. hehe....gak apalah, sabar...sabar....
trus, kira-kira hari keberapa ya, naufal bisa bilang bye bye diapers......?????

3 Comments:

  • waaah naufal pinter dah mulei toilet training... mudah-mudahan bisa segera nappy-free yah :)

    By Anonymous Anonymous, at 5:52 AM  

  • Wah, ternyata repot juga ya.. Hm, bentar lagi daku bakal menyusul Astri nih.. Berakrab ria sama ompol :)

    By Anonymous Anonymous, at 6:14 AM  

  • whuaa..tar ajarin aku ngasuh dedek ya mami...naufal..minta pipinya duong...tante gemesss...

    By Blogger hilda, at 2:02 PM  

Post a Comment

<< Home


Lilypie 5th Birthday Ticker Lilypie 2nd Birthday Ticker